5 Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

bisnis online

Kalau makanan atau minuman kamu rasanya emang enak, dijamin laris dan banyak yang beli. Jika dibandingkan dengan model bisnis C2C ataupun B2C, pasar bisnis B2B memang lebih kecil. Meski demikian, bukan berarti model bisnis ini hanya memberi keuntungan dalam jumlah yang kecil. Model bisnis ini merupakan model bisnis yang paling jamak dijumpai dalam pasar ecommerce. Sesuai dengan namanya, model bisnis ini melibatkan bisnis yang dalam hal ini adalah produsen dengan konsumen. Karena itulah, model B2C ini menyerupai model ritel tradisional.

Kemudian, kamu bisa meningkatkan performa maupun konten yang dimiliki oleh website tersebut. Terakhir, kamu bisa menjalankan bisnis yakni jual beli domain.

Kamu hanya akan terikat ketika ada proyek yang sedang kamu kerjakan. Semakin spesifik target pasar kamu, semakin terarah pula apa yang perlu kamu lakukan untuk membuat kamu tertarik. Usia, jenis kelamin, pendapatan, hingga profesi mereka akan berpengaruh besar dalam hal ini. Bisnis online yang kamu rintis bisa sukses sesuai ekspektasi – atau sebaliknya – tidak berjalan lancar.

Untuk itu, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika ingin memulai bisnis satu ini. pertama, kamu bisa untuk membuat website mulai dari awal dengan menggunakan domain yang baru.

bisnis online

Dikenal dengan istilah flipping, maka kamu bisa membeli domain maupun website dan mengelolanya. Setelah dirasa cukup berhasil, maka website tersebut akan bisa untuk kamu jual dengan harga yang jauh lebih tinggi. Bisnis online selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi freelancer. Freelancer sendiri dari diartikan berupa bisnis kerja lepas, jadi kamu tidak terikat kontrak dengan perusahaan manapun.

Untuk itu, sejak tahap perencanaan, semua konsep pembuatan toko online harus sudah matang. Dalam angka yang dihimpun Global Web Index dari We Are Social dan Hootsuite, 85% pengguna internet di Indonesia gemar melakukan belanja online. Jika dibuat peringkat tingkat belanja online dengan negara-negara lain di Asia Tenggara, Indonesia juaranya. Mulai dari artikel untuk di blog, tulisan untuk e-mail marketing broadcast, atau bentuk-bentuk tulisan lainnya. Yang penting, jangan lupa untuk menganggarkan biaya promosi untuk pemasaran digital via sosmed atau membagi sample produk ke teman-teman ataupun keluarga.